Minggu, 28 Juni 2009

Masjid Sultan Hasan







Masjid ini juga merupakan masjid yang sangat bersejarah bagi umat Islam Mesir. Masjid ini pertama kali dibangun oleh Sultan an-Nashir Hasan bin Muhammad al-Qalawun, pada tahun 757 H / 1421 M. Sultan Hasan adalah salah satu dari raja-raja pada Dinasti Mamalik Bahriyyah.
Masjid ini mendapat julukan masjid yang termahal di antara masjid-masjid di Mesir. Hal itu memang dikarenakan pembangunan masjid ini banyak menelan biaya. Untuk biaya pembangunan ruang masjid ini saja, menghabiskan anggaran sebesar seratus ribu dinar pada waktu itu.
Bagian yang paling menarik dari bangunan masjid ini adalah dinding masjid yang sungguh begitu tinggi, dan pintu masuk masjidnya yang konon merupakan pintu masuk tertinggi di antara pintu-pintu masuk bangunan-bangunan tua peninggalan Islam di Mesir. Bukan hanya tingginya saja, arsitektur yang menghiasi bagian atas atau atap mesjid pun sungguh luar biasa. Ditambah lagi lorong-lorong yang unik ketika memasuki masjid ini.
Masjid ini dulunya mempunyai multifungsi. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai madrasah atau sekolah empat madzhab fiqih, yaitu Syafi'i, Maliki, Hanafi, dan Hambali. Dan tentunya terdapat ruangan-ruangan khusus untuk keempat madzhab itu. Selain itu di masjid ini dulunya juga terdapat rumah sakit dan beberapa ruangan untuk tempat tinggal para santri dan pengurus masjid.
Di dalam masjid ini juga terdapat makam Sultan Hasan. Jadi para pengunjung bisa langsung berziarah ke makam beliau. Di samping makam beliau terdapat tempat duduk dengan tempat al-Qur'an yang besar, yang dulu biasanya digunakan oleh para santri di sana untuk membaca al-Qur'an. Tempat duduk itu terbuat dari kayu, dan sampai sekarang masih tetap kokoh.
Masjid yang terletak di kawasan Benteng Shalahuddin al-Ayyubi ini juga lah yang menjadi obyek pertama kali yang dikunjungi oleh presiden Amerika Serikat Barack Obama ketika mengadakan kunjungan kepresidenan ke Mesir. Pokoknya banyak sekali kesan yang akan terus teringat bila berkunjung ke masjid Sultan Hasan ini.[]

0 komentar:

 

Undiabolos Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template