Sabtu, 20 Juni 2009

Kairo Lama



Mesir yang beribu kota di Kairo adalah daerah yang sejak dulu terkenal dengan peradaban Islamnya. Bahkan bisa dikatakan sebagai pusat ilmu pengetahuan Islam. Dan sampai detik ini pun, banyak sekali orang-orang yang datang dari penjuru dunia hanya untuk menuntut ilmu pengetahuan Islam. Maka kita akan menemukan beragam jenis dan watak umat Islam dari berbagai belahan dunia. Begitu pula dengan pemahaman tentang Islam yang beraneka madzhab juga akan jelas terlihat. Namun keragaman itu bukan berarti Islam itu terpecah, melainkan itu lah wujud dari Islam yang rahmatan lil 'alamin.

Selain itu banyak sekali bukti-bukti sejarah dari kebudayaan Islam yang masih dapat kita saksikan dengan mata kepala kita. Banyak sekali objek-objek wisata sejarah di sini. Salah satunya adalah The Old Cairo, atau Kairo Lama.

Perjalanan untuk memasuki wilayah Kairo Lama ini bisa dimulai dari Masjid Sayyidina Husein yang terletak di Husein, atau juga bisa start dari Babul Futuh. Kalau kita mulai dari Masjid Husein, maka kita terlebih dahulu akan memasuki kawasan pasar wisata Husein. Di sana banyak turis-turis yang berkunjung. Di sana terdapat berbagai macam cendramata Mesir yang bisa dibeli sebagai kenang-kenangan dari Mesir.

Selanjutnya kita akan menemukan bangunan-bangunan klasik yang masih berdiri kokok. Bangunan-bangunan terlihat masih sangat artistik. Pokoknya kalau ke sana, yang penting jangan lupa bawa kamera deh. Karena bangunan-bangunan itu sangat bagus sekali sebagai objek foto-foto. Apalagi yang sifatnya klasik.

Di sana kita juga akan menemukan peninggalan rumah sakit mata dan gigi pertama yang didirikan oleh Ibnu Sina. Kita juga akan menemukan berbagai masjid-masjid tua peninggalan Kairo zaman dulu. Dan akhirnya kita akan menemukan Babul Futuh. Itu merupakan salah satu dari pintu-pintu besar yang terdapat di Kairo.

Kalau kalian yang sudah tinggal di Kairo, maka jangan lupa deh berkunjung ke sana. Dan bagi kalian yang sewaktu-waktu nanti akan mampir ke Kairo, jangan lupa juga ke sana. Oke…!?[]

0 komentar:

 

Undiabolos Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template