Senin, 03 Agustus 2009

Dualisme Berbahaya




Tulisan ini sebenarnya adalah rewriting setelah membaca artikelnya ustadz saya, Ust Hamid Fahmy Zarkasyi yang judulnya “Dualisme” di situs INSISTS. Menurut saya masalah ini sangat penting sekali untuk diangkat dan diketahui orang banyak. Karena paham ini telah merasuk ke dalam pemikiran manusia modern.

Menurut Ust Hamid, paham dualisme ini telah lama mengakar di dalam pemikiran Barat. Dan apa pendapat yang mensinyalir bahwa Barat sendiri telah mengadopsi paham ini dari kepercayaan Zoroaster di Timur, sekitar 1000 tahun sebelum Masehi silam. Selanjutnya paham ini semakin berkembang di zaman Yunani melalui berbagai pemikiran filsafat, seperti Platoisme dan Aristotle. Dan perkembangan itu terus berlanjut hingga sekarang.

Seperti apa sebenarnya paham dualisme ini?
Ini adalah paham yang menggabungkan antara kebajikan dengan kejahatan dalam satu wadah. Paham yang membenarkan percampuran antara keduanya. Orang yang berpikiran dualis akan melihat sesuatu itu secara mendua. Dia akan memisahkan peranan antara jiwa dan raga, antara perbuatan dan hati. Dan akhirnya dia akan berpendapat, perbuatan boleh melakukan kesalahan tetapi hati selalu dalam kebenaran. Mencuri boleh asalkan dengan niat baik. Menjadi pelacur silahkan saja asalkan dengan niat baik untuk menghidupi keluarganya.

Padahal dalam Islam ada suatu keterkaitan fungsi antara jiwa dan raga, antara niat dengan perbuatan. Dalam sebuah hadist shahih telah dijelaskan, “Innama al-a'mal bi al-niyyat”. Sesungguhnya segala perbuatan itu ada niatnya. Ada hubungan persamaan antara kebersihan jiwa dan kebersihan raga. Selain itu Islam juga telah menetapkan hukum yang harus ditaati dan tidak boleh sama sekali dilanggar dengan alasan yang tidak syar’i.

Tentu saja dualisme ini adalah paham yang sangat berbahaya. Paham yang telah dianut Barat selama beratus-ratus tahun ini terang saja juga ikut mempengaruhi umat di dunia pada umumnya dan Islam secara khusus lewat gerakan Westernisasi. Maka dari itu hal ini perlu diantisipasi bersama.

Mungkin ini secuil dari pengetahuan tentang dualisme. Anda bisa mempelajarinya lagi di situs http://insistnet.com. Syukron![]

1 komentar:

MUHAMMAD YULIAN MA'MUN on 4 Agustus 2009 06.33 mengatakan...

dualisme memang menjadi batu pijakan dalam bingkai pemikiran Barat....

 

Undiabolos Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template