Jumat, 22 Januari 2010

Menyikapi Perbedaan dalam Perspektif Historis



Perbedaan yang terjadi di zaman Sahabat masih dalam ruang lingkup untuk kemaslahatan Islam. Setiap masalah dapat diselesaikan dengan musyawarah

Oleh: Ahmad Sadzali
[www.hidayatullah.com]

DEWASA ini umat Islam menghadapi berbagai macam tantangan yang cukup berat. Selain tantangan eksternal seperti perang pemikiran dan peradaban, tantangan internal juga ikut menggerayangi tubuh umat Islam. Bahkan tantangan dari dalam inilah yang sebenarnya sangat berbahaya. Salah satunya adalah isu perbedaan yang sekarang ini --bagi sebagian besar kita-- masih belum dapat menyikapinya dengan baik.

Tidak dapat dipungkiri lagi, banyaknya berbagai golongan dan bahkan aliran yang ada dalam tubuh Islam sekarang ini memicu kontroversi tersendiri di kalangan kita, khususnya umat Islam di Indonesia. Tengok saja perdebatan yang sering terjadi antara sesama Muslim. Satu golongan menyalahkan golongan yang lainnya. Satu kelompok merasa hanya kelompoknya sajalah yang paling benar.

Maka serasa sangat penting sekali jika kita mencoba membuka mata dan pikiran kita lagi dalam menyikapi perbedaan-perbedaan tersebut. Umat Islam sekarang harus pandai dalam menanggapi kondisi umat seperti ini, di tengah panasnya temperatur perang pemikiran dan musuh-musuh Islam yang berada dalam selimut. Untuk itulah tulisan ini mencobanya memberikan pencerahan berpikir dalam menanggapi itu semua dari perspektif sejarah.

Perbedaan sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Perbedaan itu merupakan hal yang lumrah adanya. Karena pada dasarnya setiap manusia itu diciptakan oleh Allah dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan antara satu dengan yang lainnya. Ada yang diberikan Allah kepandaian dan kecerdasan yang baik dalam memahami ajaran agama Islam, namun ada juga yang tidak. Dari kalangan sahabat Rasulullah dulu, ada yang diberikan Allah hafalan yang kuat sehingga dapat menghafal wahyu Al-Quran dan hadist Rasulullah, ada juga yang hafalannya kurang.

Pada masa Rasulullah SAW, perbedaan pun juga sudah terjadi. Namun setiap perbedaan pendapat dan permasalahan umat yang muncul dapat langsung diselesaikan melalui beliau. Pada masa Rasulullah ini sumber utama ajaran Islam hanyalah Al-Quran dan Sunnah Nabawiah. Oleh karena itulah tidak ada masalah internal berarti yang dapat mewarnai kehidupan umat Islam ketika itu. Tentu saja ini salah satu kelebihan bagi umat yang hidup di zaman tersebut, sehingga tidak salah lagi apabila generasi Sahabat tersebut diberi julukan generasi terbaik.

Selanjutnya ketika Rasulullah telah tiada, maka beberapa perbedaan di kalangan umat Islam ketika itu telah bermunculan. Mulai dari masalah pemerintahan, sampai akhirnya berujung kepada aliran keagamaan sendiri dalam Islam. Pada masa Sahabat ini, rujukan umat Islam adalah Al-Quran, Sunnah Nabawiah, ijma', dan ra'yu. Dua rujukan terakhir ini adalah salah satu bentuk untuk menyikapi berbagai perbedaan pendapat yang ada di kalangan Sahabat, selain adanya permasalahan yang baru muncul yang tidak dibahas dalam Al-Quran dan Sunnah Nabawiah. Namun meskipun demikian, tentu saja yang menjadi rujukan utama dan landasan dari dua rujukan terakhir tetap Al-Quran dan Sunnah Nabawiah.

Dakwah Islamiyah di masa Sahabat ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Perluasan wilayah Islamiyah ini adalah salah satu faktor adanya beberapa perbedaan di kalangan Sahabat. Perbedaan adat dan kultur masyarakat dari tempat yang berbeda-beda itulah sebab utamanya. Kultur Arab yang sangat kental pada masyarakat Madinah, berbeda dengan kultur masyarakat Iraq yang ketika itu masih terpengaruh dengan budaya Persia, dan berbeda juga dengan kulturnya masyarakat Mesir dan Syam yang masih menyimpan nilai-nilai budaya Romawi.

Namun perbedaan yang terjadi di antara Sahabat akibat dari faktor tersebut masih dalam ruang lingkup untuk kemaslahatan umat Islam. Dan perbedaan yang terjadi ketika itu pun sangat sedikit sekali. Salah satu sebabnya karena para Sahabat masih banyak yang berada di Madinah, khususnya di zaman Khalifah Abu Bakar ra dan Khalifah Umar ibn Khathab ra, sehingga setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan musyawarah.

Pada masa Tabi'in, wilayah Islam semakin luas lagi. Tentu saja semakin beragam pula kultur umat Islam yang melatarbelakanginya. Maka wajar ketika masa ini berkembang madrasah yang saling berbeda metode pengambilan hukumnya, khususnya dalam penggunaan ra'yu, yaitu Madrasah Ahlul Hadist di Madinah dan Madrasah Ahlul Ra'yi di Iraq.

Salah satu faktor penyebab berkembangnya Madrasah Ahlul Hadist adalah pengaruh yang diterima Tabi'in dari para Sahabat seperti Zaid ibn Tsabit dan Abdullah ibn Umar. Sedangkan Madrasah Ahlul Ra'yi mendapat pengaruh dari Abdullah ibn Mas'ud yang telah lama bermukim di Kufah sejak zaman Khalifah Umar ibn Khathab ra.

Beranjak ke masa Tabi'at tabi'in, kajian ilmu fikih dan berbagai cabang ilmu lainnya mencapai puncak kegemilangannya. Di mana pada masa inilah banyak ulama Mujtahid bermunculan. Sebagai contoh, munculnya berbagai macam mazhab fikih. Tentu saja perbedaan dalam ijtihad lebih beraneka ragam lagi.

Perbedaan pendapat yang muncul di kalangan ulama terdahulu, sebenarnya hanya berkisar pada masalah furu'iyah atau cabang-cabang fikih saja. Itu pun disebabkan metode yang mereka gunakan untuk mengambil hukum fikih tersebut berbeda-beda. Misalnya dalam menentukan suatu hukum yang belum ada dibahas dalam Al-Quran dan Hadist, Imam Malik mengedepankan perbuatan penduduk Madinah, karena menurut beliau segala sesuatu yang berkenaan dengan cara beribadah penduduk Madinah tidak mungkin kalau bukan hasil dari melihat perbuatan Rasulullah yang diturun-temurunkan generasi ke generasi. Berbeda dengan Imam Syafi'i yang lebih mengedepankan Ijma' (kesepakatan para ulama) setelah Al-Quran dan Hadist.

Begitulah sekilas gambaran perjalanan perbedaan-perbedaan pendapat dalam Islam. Intinya agama Islam itu satu, dan tidak ada berbagai macam jenis Islam yang lainnya. Sedangkan perbedaan pendapat dan golongan itu adalah bentuk dari pengembangan pemikiran Islam. Namun perlu digarisbawahi bahwa perbedaan-perbedaan tersebut hanya dalam ranah furu'iyah saja. Jika kemudian perbedaan yang berkembang justru menjurus kepada perbedaan akidah dan tauhid, maka tentu saja dalam hal ini kebenaran atau yang haq itu harus kita kedepankan. Karena batasan dan rambu-rambu yang digambarkan Islam dalam wilayah tauhid dan akidah itu sudah sangat jelas.

Jika ada yang mencoba untuk mengubah rukun Iman dan rukun Islam, maka ini harus kita perangi. Jika ada yang mengatakan Al-Qur'an hanyalah produk budaya, ini pun juga harus kita perangi. Jika ada yang memperbolehkan perkawinan homoseksual, pemikiran seperti ini jelas telah menyimpang dari koridor yang telah ditentukan Islam. Namun cara memeranginya pun juga harus baik. Jika kita diserang dengan pemikiran seperti itu, maka untuk membalasnya tentu saja juga dengan pemikiran juga, bukan malah dengan kekerasan.

Jika hal seperti ini yang terwujud di antara umat Islam di Indonesia sekarang ini, maka serasa indah Islam itu dijalankan. Penilaian-penilaian negatif tentang Islam dan perpecahan, Islam dan kekerasan, hingga Islam dan terorisme, harus segera kita hentikan. Caranya yaitu dengan membangun kembali image Islam yang cinta damai, yang profesional dalam menanggapi segala perbedaan. Image itu akan tumbuh tergantung bagaimana kita menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan kita. Wallahua 'lam.[]

Penulis Mahasiswa Fakultas Syariah Islamiyah Universitas Al-Azhar, Kairo.

6 komentar:

Blog27999 on 12 Maret 2020 pukul 20.21 mengatakan...

Your Affiliate Money Making Machine is waiting -

And making profit with it is as easy as 1---2---3!

It's super easy how it works...

STEP 1. Tell the system what affiliate products you want to push
STEP 2. Add push button traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products for you!

Are you ready to make money automatically??

You can test-drive the system for yourself risk free...

Blog27999 on 12 Maret 2020 pukul 22.42 mengatakan...

Did you hear there is a 12 word phrase you can say to your crush... that will induce deep feelings of love and impulsive appeal for you deep within his chest?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, idolize and protect you with his entire heart...

12 Words Who Trigger A Man's Desire Instinct

This impulse is so hardwired into a man's brain that it will make him work better than ever before to do his best at looking after your relationship.

As a matter of fact, triggering this influential impulse is so binding to achieving the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

...You'll instantly notice him open his heart and soul to you in a way he haven't expressed before and he'll see you as the one and only woman in the universe who has ever truly interested him.

Blog27999 on 13 Maret 2020 pukul 01.18 mengatakan...

If you're trying to burn fat then you absolutely need to try this brand new custom keto diet.

To produce this service, licensed nutritionists, fitness couches, and professional chefs have joined together to develop keto meal plans that are efficient, painless, price-efficient, and delicious.

Since their first launch in 2019, 100's of people have already transformed their body and health with the benefits a smart keto diet can provide.

Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-tested ones offered by the keto diet.

Blog27999 on 13 Maret 2020 pukul 01.54 mengatakan...

Do you understand there is a 12 word sentence you can say to your man... that will induce intense emotions of love and impulsive appeal for you deep within his chest?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and care for you with all his heart...

12 Words Will Fuel A Man's Desire Impulse

This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to work better than before to love and admire you.

Matter of fact, triggering this mighty impulse is so essential to getting the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of these "Secret Signals"...

...You will instantly notice him expose his heart and soul for you in such a way he haven't experienced before and he'll perceive you as the one and only woman in the world who has ever truly attracted him.

Blogger on 13 Maret 2020 pukul 02.21 mengatakan...

Did you hear there's a 12 word phrase you can speak to your crush... that will induce deep feelings of love and impulsive attractiveness for you deep inside his heart?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, look after and protect you with his entire heart...

=====> 12 Words Will Trigger A Man's Desire Impulse

This impulse is so built-in to a man's brain that it will make him try better than before to to be the best lover he can be.

In fact, triggering this dominant impulse is absolutely essential to achieving the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

...You will soon find him expose his soul and heart to you in such a way he never experienced before and he will identify you as the one and only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

Blog27999 on 13 Maret 2020 pukul 02.22 mengatakan...

Ok...

This might sound really weird, maybe even kind of "out there"....

BUT what if you could just press "PLAY" to listen to a short, "magical tone"...

And suddenly attract MORE MONEY into your life??

What I'm talking about is BIG MONEY, even MILLIONS of DOLLARS!!

Sounds way too EASY?? Think this couldn't possibly be for REAL??

Well then, I've got news for you...

Usually the most magical blessings life has to offer are the easiest to GET!!

In fact, I will provide you with PROOF by allowing you to listen to a REAL "magical money tone" I've synthesized...

And do it FREE (no strings attached).

You just press "PLAY" and watch money coming right into your life... starting almost INSTANTLY...

CLICK here now to PLAY this magical "Miracle Money-Magnet Tone" - as my gift to you!!

 

Undiabolos Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template